11 Anjing Terbaik Untuk Dipelihara

Image result for siberian husky

Ada pepatah mengatakan: a dog is a man’s best friend. Anjing adalah salah satu binatang paling jinak di dunia. Karena sifatnya yang jinak tersebut, maka anjing sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan. Selain bisa membantu menjaga rumah, anjing juga cocok dipelihara bagi Anda yang sudah mempunyai buah hati. Tidak ada hal yang lebih menggemaskan selain melihat interaksi antara anak kecil dan anjing peliharaan. Lebih dari itu, sifat hangat yang dimiliki anjing juga akan membuat anak Anda tumbuh menjadi penyayang binatang.

BACA JUGA: 10 Hal Krusial Dalam Merencanakan Pernikahan

Namun, Anda juga tidak bisa sembarangan memelihara anjing. Faktanya, tidak semua anjing bisa dipelihara meskipun mereka pada dasarnya jinak. Apa saja jenis anjing yang cocok untuk dipelihara?

  1. Bagi Anda yang tahu film Lassie, tentunya tidak asing lagi dengan jenis anjing yang satu ini. Collie termasuk dalam kategori anjing besar sehingga jika rumah Anda tidak terlalu besar, mungkin Anda akan sedikit kesulitan. Tapi, itu tidak menutupi fakta bahwa Collie adalah anjing yang sangat bersahabat. Cukup lihat wajah mereka dan Anda tahu bahwa ini adalah anjing yang sangat cocok untuk dipelihara. Collie juga tidak berisik dan dapat dengan mudah berbaur dengan jenis anjing lainnya. Meskipun begitu, karena ukurannya, perawatan untuk Collie bisa menguras kantong Anda.
  2. Salah satu jenis anjing yang paling populer untuk dipelihara, fitur utama dari Poodle adalah bulunya yang keriting dan juga sifatnya yang manja terhadap majikan. Ini membuat poodle sangat cocok untuk dipelihara. Selain itu, ukuran yang tidak terlalu besar juga membuatnya mudah untuk dipelihara karena tidak akan membutuhkan banyak ruang.
  3. Labrador Retriever. Jenis anjing yang satu ini sedikit mirip dengan Golden Retriever namun sedikit berbeda dari tekstur bulu dan warnanya. Sama seperti kebanyakan anjing, Labrador Retriever juga sangat jinak dan tidak akan menggigit sama sekali. Untuk mendapat gambaran tentang apa yang akan Anda dapatkan saat memelihara Labrador Retriever, Anda bisa menyaksikan film Marley & Me, yang menceritakan hubungan antara satu pasangan dengan seekor anjing Labrador Retriever dari mulai mereka pacaran hingga mempunyai anak.
  4. Golden Retriever. Golden Retriever mirip dengan Labrador Retriever namun mempunyai warna yang lebih terang. Golden Retriever adalah salah satu jenis anjing paling populer di dunia. Anjing besar ini dikenal karena intelegensinya yang tinggi serta loyalitasnya yang tanpa batas. Seri film Air Bud menggambarkan kepintaran Golden Retriever, yang mampu memainkan olahraga basket dan sepakbola layaknya manusia.
  5. Anjing dengan penampilan yang menggemaskan ini berukuran sedang dan seperti kebanyakan anjing, mempunyai tingkat intelegensi yang tinggi sehingga mudah untuk dilatih. Beagle juga terkenal mempunyai tingkat kebugaran yang bagus sehingga jarang sekali sakit. Berkat kepintaran dan penampilannya yang friendly, Beagle sering digunakan sebagai anjing penjaga keamanan di bandara. Salah satu kekurangan Beagle yang mungkin kurang disukai banyak orang adalah lolongannya yang bisa cukup mengganggu. Namun, kebiasaan ini dapat dengan mudah dikendalikan dengan latihan yang cukup. Beagle juga cukup cocok untuk dipelihara oleh keluarga muda yang sudah mempunyai anak kecil karena mereka friendly dan setia.
  6. Pada pandangan pertama, Maltese tampak berantakan dengan bulu yang tampak acak-acakan, namun anjing kecil ini merupakan salah satu anjing yang paling cocok untuk dipelihara oleh keluarga yang telah mempunyai anak karena sifat asli mereka sangat kompatibel dengan anak kecil yang suka bermain. Tidak seperti anjing jenis kecil pada umumnya, Maltese juga membutuhkan sedikit perawatan dan terlepas dari bulu mereka yang tampak berantakan, jarang sekali mengalami kerontokan sehingga tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan anak-anak. Ukuran Maltese yang kecil juga memberikan nilai lebih lainnya karena mereka dapat dengan mudah dipelihara oleh keluarga dengan rumah yang tidak terlalu besar atau yang tinggal di apartemen sekalipun.
  7. Jenis anjing Siberian Huskies adalah ras anjing berukuran besar yang terkenal karena keanggunannya. Sekilas, penampilan huskies mirip seperti serigala dan mungkin memberikan kesan galak pertama kali dilihat. Namun, di balik penampilan garangnya, Huskies sebenarnya adalah anjing yang sangat ramah dan friendly, terutama dengan anak-anak. Huskies adalah tipe anjing yang butuh banyak perawatan dan perhatian karena mereka suka jalan-jalan dan berlari ke sana kemari, jadi Anda yang baru pertama kali memelihara anjing mungkin ingin menghindari Huskies terlebih dahulu. Film Eight Below menceritakan hubungan antara seorang pria dengan delapan anjing Huskies-nya dan menggambarkan dengan jelas kemampuan bertahan hidup yang dimiliki anjing ini di tengah ganasnya iklim kutub.
  8. German Shepherds. Anjing jenis ini juga termasuk salah satu jenis anjing paling populer di dunia. German Shepherds adalah anjing pemberani yang sangat setia pada majikannya dan mempunyai tingkat kepintaran di atas rata-rata anjing pada umumnya. Mereka juga tampak senang untuk belajar sehingga sangat mudah dilatih. Biasanya German Shepherds digunakan sebagai anjing yang digunakan polisi bandara atau polisi narkotika karena kemampuan mengendusnya yang tajam. German Shepherds juga merupakan anjing yang cukup sensitif terlepas dari penampilan dan ukuran mereka. Jika Anda meninggalkan German Shepherds Anda terlalu lama sendiri, ia mungkin akan merasa bosan dan depresi sehingga mungkin bertindak sedikit nakal.
  9. Pembroke Welsh Corgis. Anjing berukuran sedang ini dikenal sebagai peliharaan Ratu Elizabeth dari Inggris sehingga cukup diminati oleh banyak orang karena kelasnya itu. Pembroke Welsh Corgis atau sering hanya disebut Corgis adalah anjing yang suka bermain dan mempunyai penampilan lucu yang mudah membuat orang jatuh hati saat melihatnya. Meskipun mereka bisa malu terhadap orang lain, bagi Corgis majikan mereka adalah nomor satu. Mereka juga suka bermain dengan anak kecil sehingga cocok untuk dipelihara oleh keluarga muda. Jika Anda memelihara Corgis, sebaiknya awasi asupan makanan mereka agar tidak berlebihan karena mereka cenderung mudah menjadi gemuk.
  10. Dengan mata besar dan bentuk wajah yang unik dan cenderung memelas, sulit untuk tidak jatuh hati pada anjing yang satu ini. Dengan ukuran sedang yang agak kecil, Pug sangat suka bermain dan cukup mudah untuk dilatih. Pug juga mempunyai reputasi yang baik saat berhubungan dengan anak kecil. Satu hal yang harus Anda perhatikan saat memelihara Pug adalah mereka cukup sensitif terhadap panas sehingga Anda harus selalu memperhatikan temperatur dalam ruangan. Mereka juga cukup sering mendengkur saat tidur dan suara dengkuran Pug bisa cukup mengganggu.
  11. Ras anjing kecil yang satu ini terkenal karena keimutannya berkat ukuran yang relatif kecil sehingga mudah dipelihara bahkan bagi mereka yang tinggal di apartemen sekalipun. Pomeranian adalah anjing yang butuh banyak perhatian dan mereka sangat mudah terbawa mood dan melolong tanpa henti saat tidak mendapatkan cukup perhatian. Anda juga perlu melatih anjing jenis ini secara lebih intensif karena mereka terkenal malas dan bukan merupakan anjing yang cepat belajar.

BACA JUGA: Ingin Jalan-jalan Mandiri? Ikuti Tips Berikut Ini!

BACA JUGA: Destinasi Wisata Tour Thailand Eksotik Yang Wajib Kamu Kunjungi

 

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *