Bahaya Minum Kopi di Pagi Hari

Image result for morning coffee

Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak dikonsumsi setiap hari. Bahkan kopi disebut sebagai minuman untuk membangkitkan semangat dengan cita rasa dan aromanya yang begitu khas. Tidak jarang seseorang mengkonsumsi kopi di pagi hari sebagai pembuka aktivitasnya. Lantas, mengapa banyak yang menganggap jika minum kopi di pagi hari dapat membahayakan kondisi tubuh dan kesehatan?

Tidak banyak yang mengetahui jika minum kopi di pagi hari sebelum melakukan aktivitas ternyata dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Dimana kopi yang dikonsumsi dalam keadaan perut yang kosong memiliki resiko buruk terhadap organ pencernaan dan bahkan organ tubuh lainnya. Berikut beberapa bahaya minum kopi di pagi hari yang harus Anda waspadai:

  1. Perut Menjadi Mulas

Minum kopi dalam keadaan perut belum terisi oleh makanan apapun. Ternyata dapat membahayakan kondisi perut terutama di bagian organ pencernaan. Dimana saat perut masih dalam keadaan kosong, maka asam lambung akan mengalami peningkatan. Asam lambung yang bersifat korosif akan terus berproduksi selama perut belum terisi apapun.

Saat asam lambung sudah memuncak dan justru Anda isi dengan minuman kopi yang memiliki kandungan kafein tinggi. Maka asam lambung justru memproses dengan tindakan yang sangat cepat. Hasilnya, perut akan cukup udara dan mengendap di dalamnya yang menyebabkan rasa mulas, mual, dan bahkan bisa disertai rasa pusing.

BACA JUGA: Bahaya Begadang Bagi Perempuan

  1. Naiknya Asam Lambung

Naiknya asam lambung dapat dipicu oleh keadaan perut yang kosong dan dibiarkan dalam waktu yang lama. Bahkan jika Anda terbiasa minum kopi di pagi hari dengan kondisi perut yang belum diisi dengan makanan lain. Maka asam lambung akan meningkat dua kali lipat karena kopi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi dan dapat menyebabkan maag.

  1. Penekanan Produksi Hormon Kortisol

kebiasaan minum kopi di pagi hari dapat menekan produksi hormon kortisol. Hormon kortisol merupakan salah satu hormon yang berperan sebagai alarm bagi tubuh. Dimana hormon ini memiliki tugas untuk membangunkan kita di pagi hari dan meningkatkan rasa kantuk di malam hari.

Jika Anda memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari, padahal hormon kortisol sedang dalam masa kinerjanya. Maka hal tersebut akan menekan hormon tersebut untuk meningkatkan kinerja otak agar kita tidak merasakan kantuk di pagi hari. Apabila terus menerus dilakukan, maka kebiasaan ini dapat menimbulkan ketergantungan.

  1. Gangguan Nutrisi

Kebiasaan minum kopi di pagi hari dalam kondisi perut yang masih kosong dapat mengurangi penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Dimana saat seseorang meminum kopi baik itu yang memiliki kandungan kafein ataupun non-kafein. Maka kinerja ginjal akan lebih cepat sehingga cairan yang terserap di dalam tubuh akan lebih cepat keluar. Biasanya mereka akan lebih sering bolak-balik ke kamar mandi untuk mengeluarkan urine.

Bahkan jika kopi yang diminum dalam jumlah banyak, maka dapat mengurangi penyerapan magnesium, mineral dan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kinerja tubuh sehari-hari. Jika tubuh kekurangan nutrisi maka akan berdampak pada kinerja organ lainnya.

  1. Dehidrasi

Jika minum kopi Anda lakukan di pagi hari sebelum sarapan. Maka hal tersebut dapat memicu gangguan dehidrasi. Dimana saat tubuh mengkonsumsi kopi baik yang mengandung kafein atau non-kafein. Maka kinerja ginjal akan lebih cepat dari sebelumnya dan membuat tubuh jadi lebih banyak mengeluarkan cairan. Jika tidak diimbangi dengan minum air putih. Maka gejala dehidrasi pun dapat Anda alami.

BACA JUGA: Cara Membahagiakan Pasangan

  1. Mudah Cemas

Kebiasaan minum kopi di pagi hari dapat memicu timbulnya rasa cemas pada diri seseorang. Meskipun tidak sepenuhnya dialami oleh para penikmat kopi. Namun, kebiasaan minum kopi di pagi hari dalam kondisi perut yang masih kosong dapat memperburuk kinerja hormon serotonin yang mengendalikan rasa tenang dan bahagia pada diri seseorang.

  1. Stress

Selain menimbulkan rasa cemas, minum kopi di pagi hari juga dapat mempengaruhi tingkat kestresan seseorang. Bahkan untuk yang terbiasa minum kopi sebelum memulai aktivitasnya di pagi hari. Umumnya mereka memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi sehingga sangat mudah untuk stress.

  1. Suasana Hati yang Mudah Berubah

Bahaya minum kopi di pagi haru bukan hanya memicu timbulnya kecemasan dan stress yang berlebihan. Namun, kebiasaan ini juga mempengaruhi suasana hati seseorang sehingga mudah berubah-ubah, seperti bahagia, sedih, murung, menangis, dan sebagainya.

  1. Mempercepat Detak Jantung

Di pagi hari biasanya orang akan lebih malas melakukan sarapan dan justru memilih kopi sebagai pengganjal perut yang kosong. Namun kebiasaan minum kopi di pagi hari dalam kondisi perut yang masih kosong dapat meningkatkan kinerja jantung lebih cepat. Hasilnya, detak jantung akan lebih cepat dari ritme sebelumnya.

  1. Menyebabkan Gigi Kuning

Selain mempengaruhi organ jantung, kebiasaan minum kopi setiap pagi juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Dimana kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi dapat mengikis lapisan email gigi dan membuat plak dari sisa makanan jadi lebih mudah untuk menempel pada gigi. Jika setelah minum kopi tidak dibiasakan menggosok gigi. Maka dalam jangka waktu tertentu, gigi akan berubah menjadi kuning kecoklatan.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Percaya tidak percaya jika kebiasaan minum kopi di pagi hari dalam kondisi perut yang masih kosong dapat meningkatkan resiko penyakit tekanan darah tinggi. Dimana kopi memiliki kandungan yang dapat memperburuk hormon di dalam tubuh. Saat hormon dalam kondisi tertekan, maka tubuh akan mengalami peningkatan emosional yang lebih tinggi pula.

  1. Penyakit Jantung

Minum kopi secara berlebih di pagi hari ternyata dapat memicu timbulnya penyakit jantung. Saat Anda meminum kopi dalam kondisi perut yang masih kosong. Maka ritme jantung akan bekerja lebih cepat dari sebelumnya. Jika dilakukan dalam waktu yang lama, maka resiko terkenanya serangan jantung dini mungkin saja bisa terjadi.

  1. Memperberat Kerja Ginjal

Kopi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi, apabila dicerna tubuh akan kinerja ginjal akan lebih berat dari sebelumnya. Bahkan untuk Anda yang terbiasa minum kopi di pagi hari sebelum sarapan. Maka kinerja ginjal akan lebih cepat sehingga tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan.

  1. Mudah Lelah

Kopi diyakini sebagai salah satu minuman untuk meningkatkan semangat di pagi hari. Namun jika Anda salah meminumnya terutama di waktu yang tidak tepat. Maka kopi justru dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih cepat lelah.

  1. Penyakit Tulang

Bahaya minum kopi di pagi hari juga dapat berpengaruh pada kesehatan tulang Anda. Dimana seseorang yang suka minum kopi akan lebih cepat mengalami pengkeroposan tulang dibanding dengan mereka yang tidak suka minum kopi.

Minum kopi di pagi hari memang telah menjadi kebiasaan Anda sehari-hari. Namun mengetahui bahaya minum kopi di pagi hari yang cukup beresiko bagi kesehatan. Maka sebaiknya hindari minum kopi di pagi hari dalam kondisi perut yang masih kosong. Usahakan Anda telah mengkonsumsi makanan terlebih dahulu sebelum minum kopi.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *