Dampak Buruk Jarang Berolahraga Bagi Tubuh

Image result for DAMPAk jarang olahraga

Meskipun terdengar sepele, namun kebiasaan melakukan olahraga secara rutin setiap hari ternyata mampu menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Namun hal tersebut sepertinya masih sulit untuk diterapkan dalam kehidupan Anda sehari-hari. Terutama untuk Anda yang memiliki aktivitas padat dari pagi hingga malam hari. Untuk Anda yang jarang olahraga, berikut dampak buruk jarang berolahraga bagi tubuh:

  1. Daya Tahan Tubuh Menurun

Gerakan olahraga yang sering dilakukan ternyata sangat berkaitan dengan proses metabolisme di dalam tubuh. Apabila proses metabolisme tidak berjalan dengan baik, maka daya tahan tubuh menjadi menurun dan mengakibatkan tubuh sangat rentan terhadap berbagai penyakit, flu, batuk, demam dan beberapa panyakit ringan lainnya.

  1. Kekuatan Tubuh Menjadi Berkurang

Orang yang sering melakukan olahraga tentu akan memiliki kekuatan tubuh yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang jarang melakukan olahraga. Hal tersebut dikarenakan tubuh dibiasakan untuk melakukan gerakan-gerakan aktif setiap hari. Jika aktivitas olahraga seperti ini jarang Anda lakukan, maka bisa jadi kekuatan tubuh yang Anda miliki akan mengalami penurunan.

BACA JUGA: Cara Mengubah Hidup Agar Lebih Bahagia

  1. Bentuk Tubuh Tidak Proporsional

Umumnya olahraga dijadikan sebagai salah satu cara untuk membentuk tubuh jadi proporsional. Selain itu gerakan olahraga juga dapat membentuk tubuh jadi terlihat lebih atletis. Jika selama ini Anda jarang melakukan olahraga, maka kemungkinan Anda akan memiliki bentuk tubuh yang kurang ideal dan terlihat kurang proporsional.

  1. Mudah Letih, Lesu, dan Lemas

Orang yang jarang melakukan olahraga kemungkinan akan lebih mudah merasakan letih, lesu, dan lemas meskipun tidak melakukan aktivitas berat. Hal ini disebabkan karena proses metabolisme di dalam tubuh tidak berjalan secara sempurna yang berdampak pada penurunan kekuatan tubuh.

  1. Otot Terasa Kaku

Tubuh yang sering digerak-gerakan tentu akan berdampak baik untuk kinerja otot di dalam tubuh. Jika Anda jarang berolahraga maka kekuatan otot pun menjadi lemah dan bahkan akan terasa kaku terutama di pagi hari setelah bangun tidur.

BACA JUGA: Dampak Buruk Jarang Berolahraga Bagi Tubuh

  1. Badan Terasa Kurang Fit

Jarangnya berolahraga juga dapat menyebabkan badan terasa kurang fit. Dimana saat tubuh tidak dibiasakan untuk melakukan olahraga, maka tubuh akan terasa letih dan lesu meskipun tidak melakukan aktivitas yang padat sekalipun. Selain itu, otot-otot dalam tubuh pun juga akan menjadi terganggu sehingga dapat menurunkan aktivitas kerja sehari-hari.

  1. Gangguan Kesehatan

Dampak buruk jarang berolahraga juga berpengaruh pada munculnya berbagai gangguan kesehatan. Bahkan untuk Anda yang memiliki aktivitas di dalam ruangan dan jarang melakukan gerakan-gerakan aktif. Maka tubuh menjadi rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit, seperti sering terkena flu, sakit kepala, batuk, dan bahkan penyakit yang berkaitan dengan kadar gula darah.

  1. Berat Badan Jadi Tidak Terkontrol

Inilah salah satu yang cukup banyak dialami jika seseorang jarang melakukan aktivitas olahraga dalam hidupnya. Dimana saat tubuh mengkonsumsi makanan setiap hari, maka kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan menumpuk menjadi lemak. Jika tidak diimbangi dengan aktivitas atau gerakan olahraga yang cukup. Maka lemak akan terus menumpuk dan menyebabkan berat badan menjadi tidak terkontrol.

  1. Nafsu Makan Meningkat

Olharaga dapat meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh. Jika tubuh dibiasakan untuk tidak melakukan olahraga, maka proses metabolisme di dalam tubuh pun juga akan terganggu. Hal ini akan mengakibatkan pola makan menjadi tidak teratur dan bahkan dapat meningkatkan nafsu makan secara drastis. Hasilnya, berat badan menjadi tidak terkontrol dan mengalami peningkatan.

  1. Penumpukan Lemak

Tubuh yang setiap harinya membutuhkan kalori sebagai sumber energi memang dapat disuplai dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Dari beberapa makanan yang Anda konsumsi, tentu beberapa mengandung lemak yang cukup tinggi. Jika tidak diimbangi dengan olahraga cukup, maka lemak akan terus menumpuk di dalam tubuh.

  1. Resiko Terkena Obesitas

Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak terjadi di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah penerapan pola hidup yang tidak sehat. Jika selama ini Anda memiliki nafsu makan yang cukup tinggi dengan pola makan yang tidak teratur dan juga jarang berolahraga. Maka resiko terkenanya obesitas sangat tinggi.

  1. Fungsi Organ Tubuh Menjadi Turun

Efek jarang olahraga juga dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh. Dimana tubuh yang tidak terbiasa melakukan gerakan akan mengalami penurunan fungsinya, seperti adanya gangguan pada tulang, kekuatan otot menjadi penurun, proses metabolisme tidak berjalan dengan lancar dan mempengaruhi organ pencernaan dan masih banyak lagi.

  1. Sulit Untuk Melakukan Gerakan Aktif

Saat tubuh dimanjakan untuk tidak melakukan gerakan, maka saat Anda melakukan gerakan aktif tubuh akan merasa kesulitan untuk melakukannya. Hal ini akan berlaku bagi Anda yang setiap harinya jarang berolahraga. Bahkan kebiasaan jarang berolahraga akan membuat Anda merasa malas untuk melakukan gerakan.

  1. Pola Tidur Jadi Terganggu

Dampak buruk jika Anda jarang berolahraga berikutnya adalah memiliki pola tidur yang tidak teratarur. Dimana kebanyakan orang yang jarang melakukan olahraga, mereka akan lebih sulit untuk tidur di malam hari dibandingkan dengan orang yang rutin menjalankan olahraga. Bahkan olahraga dapat menjadikan tubuh lebih lelah sehingga Anda akan merasakan tidur yang lebih nyenyak.

  1. Lebih Cepat Tua

Beberapa penelitian menyatakan, bahwa orang yang jarang berolahraga akan lebih cepat tua dibandingkan mereka yang rutin menjalankan olahraga setiap hari. Dimana olahraga membantu proses peredaran darah menjadi sangat lancar. Selain itu, orang yang sering melakukan olahraga juga akan lebih mudah mendetoksifikasi tubuhnya sehingga proses regenerasi sel pun menjadi lebih stabil.

  1. Badan Terasa Cepat Lelah

Pernahkan Anda merasakan badan terasa lelah padahal tidak sedang melakukan aktivitas berat? Mungkin hal tersebut dikarenakan Anda jarang berolahraga. Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh terasa lebih fit sepanjang hari. Bahkan orang yang suka berolahraga, mereka akan lebih semangat untuk melakukan aktivitasnya dan jarang mengeluhkan tubuhnya lebih cepat lelah.

  1. Merasa Malas Untuk Melakukan Sesuatu

Rasa malas mungkin sering Anda alami di sepanjang hari, entah karena kurang tidur, asupan makanan yang kurang cukup, atau bahkan Anda kurang berolahraga. Selain pola tidur yang kurang teratur, rasa malas untuk melakukan sesuatu juga dapat ditimbulkan karena Anda tidak pernah melakukan olahraga.

  1. Resiko Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang dipicu oleh peningkatan kadar gula darah. Dimana kadar gula darah yang meningkat dapat disebabkan karena Anda jarang melakukan gerakan ataupun aktivitas yang dapat membakar kalori. Hal ini nampaknya banyak terjadi pada mereka yang malas melakukan olahraga dalam hidupnya.

  1. Stroke

Selain beresiko terkenanya penyakit diabetes, orang yang jarang berolahraga juga memiliki resiko terkena stroke lebih tinggi dibandingkan mereka yang rutin berolahraga. Hal ini dipicu karena orang yang malas berolahraga memiliki peredaran darah yang kurang lancar.

  1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung sangat berkaitan dengan pola sehat yang Anda terapkan. Jika selama ini Anda memiliki kebiasaan-kebiasaan yang memicu timbulnya penyakit jantung. Maka resikonya akan lebih tinggi, termasuk kebiasaan jarang berolahraga.

Itulah dampak buruk jarang berolahraga bagi tubuh. Jika selama ini Anda masih bermalas-malasan untuk melakukan olahraga. Maka rubah kebiasaan tersebut dengan melakukan gerakan-gerakan ringan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *