Ingin Jalan-jalan Mandiri? Ikuti Tips Berikut Ini!

Image result for liburan

Dengan kemajuan teknologi, segala sesuatu di dunia ini menjadi sedikit lebih mudah. Asalkan kita bisa memanfaatkan teknologi tersebut, maka manfaat besar menanti. Salah satu yang menjadi jauh lebih mudah dewasa ini adalah travelling. Saking mudahnya, Anda mungkin tidak memerlukan jasa agen travel lagi. Tertarik untuj jalan-jalan secara mandiri? Ikuti tips-tips berikut ini.

BACA JUGA: 11 Anjing Terbaik Untuk Dipelihara

  1. Sediakan jadwal yang fleksibel. Hal pertama yang harus Anda tentukan saat akan jalan-jalan adalah waktu perjalanan Anda. Pilihlah waktu keberangkatan dan durasi perjalanan Anda dan sesuaikan dengan jadwal Anda. Jika Anda bekerja, tentu Anda harus merencanakan cuti dan menyampaikannya pada atasan Anda dari jauh hari. Sementara jika Anda mempunyai usaha, Anda mungkin harus menutup usaha Anda selama Anda jalan-jalan.
  2. Pilih destinasi wisata. Anda bisa ke manapun Anda mau, selama Anda mampu tentunya. Banyak sekali destinasi wisata menarik baik di dalam maupun luar negeri yang bisa Anda pertimbangkan. Cari masukan tentang lokasi wisata favorit dari teman-teman atau saudara yang pernah pergi ke sana. Atau mungkin Anda punya tujuan favorit pribadi? Dengan begitu banyak pilihan, Anda bisa pergi ke mana saja di seluruh dunia. Itu adalah salah satu kenikmatan utama dari jalan-jalan.
  3. Cari informasi secara lengkap. Setelah menentukan destinasi wisata Anda, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang destinasi wisata tersebut. Dengan internet, hal tersebut bukanlah hal yang sulit. Anda bisa menemukan hampir semua informasi yang Anda butuhkan untuk perjalanan Anda. Apakah Anda membutuhkan visa? Apakah ada tradisi tertentu yang harus Anda hormati? Bagaimana akomodasi dan transportasi di tempat tersebut? Apa saja objek wisata yang bisa Anda temukan? Semua ini dapat dengan mudah Anda temukan di internet.
  4. Susun itinerary perjalanan. Setelah mendapatkan informasi yang cukup tentang destinasi wisata Anda, maka kini Anda sudah bisa menyusun itinerary perjalanan Anda selama ada di sana. Ini meliputi susunan aktivitas yang akan Anda lakukan di sana setiap hari, termasuk objek wisata yang akan dikunjungi, tempat di mana Anda akan menginap, di mana Anda akan makan dan hal-hal detail lainnya. Susun itinerary ini berdasarkan durasi perjalanan Anda sehingga Anda akan menikmati liburan secara optimal.
  5. Hitung perkiraan biaya. Hal penting berikutnya yang harus Anda perkirakan setelah menyusun itinerary adalah biaya yang harus Anda keluarkan selama liburan Anda. berdasarkan itinerary yang telah Anda susun, Anda bisa mengestimasi berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan dan harus Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan. Tentu saja hal ini akan lebih mudah bila Anda mengikuti tour travel, namun jika jalan-jalan sendiri, Anda mempunyai fleksibilitas khusus untuk biaya ini.
  6. Sesuaikan perkiraan biaya dengan budget. Fleksibilitas tersebut berkaitan erat dengan budget. Keuntungan utama liburan secara mandiri adalah kebebasan yang bisa Anda nikmati karena semua ditentukan oleh Anda sendiri. Jika perkiraan biaya yang Anda dapatkan jauh melampaui budget, Anda tinggal menyusun ulang itinerary dan menyesuaikannya agar biaya yang mungkin dikeluarkan cocok dengan budget Anda. Ini mungkin bisa dengan memilih tanggal liburan saat low season, mengurangi objek wisata yang akan dikunjungi, atau memperpendek waktu liburan.
  7. Booking tiket dari jauh hari. Salah satu trik utama yang sudah lama populer di kalangan traveller adalah membeli tiket Anda dari jauh-jauh hari. Jika Anda berencana pergi di high season, trik ini akan sangat berguna untuk membantu Anda mendapatkan tiket pesawat dan penginapan yang murah sebelum harganya naik. Lagi-lagi kemajuan teknologi telah membuat semuanya begitu mudah. Banyak sekali online travel agent yang tersedia di internet dan Anda bisa memilih salah satu di antaranya untuk memesan tiket pesawat dan penginapan Anda dari jauh-jauh hari.
  8. Manfaatkan promo dan diskon. Selain menawarkan harga yang murah, online travel agent juga banyak menawarkan promo dan diskon menarik yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Karena sengitnya persaingan di antara online travel agent tersebut, maka mereka berlomba-lomba menawarkan promo dan diskon menggiurkan untuk menarik minat konsumen. Anda hanya harus menemukan penawaran terbaik yang bisa mendukung perjalanan Anda.
  9. Siapkan dokumen. Bila bepergian ke luar negeri, poin ini harus Anda berikan perhatian lebih. Dokumen utama yang paling penting saat akan pergi ke luar negeri adalah paspor. Karena prosesnya tidak instan, maka ada baiknya Anda membuat paspor sebelum merencanakan perjalanan Anda. Tentu akan sia-sia bukan bila permohonan paspor Anda ditolak setelah Anda susah payah menyusun itinerary secara detail? Jika negara yang akan Anda kunjungi mengharuskannya, maka Anda juga perlu mengajukan permohonan visa dan sama seperti paspor, mendapatkan visa bukanlah hal yang mudah. Karenanya, jangan menunda untuk mempersiapkan dokumen-dokumen ini jika Anda ingin menikmati liburan dengan nyaman.

BACA JUGA: 10 Hal Krusial Dalam Merencanakan Pernikahan

  1. Buat catatan dan checklist. Salah satu hal krusial yang sering dilupakan para traveler adalah hal-hal kecil yang penting. Ini salah satunya disebabkan karena hal-hal kecil tersebut memang mudah dilupakan. Karenanya, sangat disarankan bagi Anda untuk membuat daftar barang-barang yang harus Anda bawa agar tidak terlewatkan saat berkemas nanti. Masuk dalam kategori ini antara lain barang-barang seperti odol, sun cream, obat-obatan dan baterai kamera.
  2. Siapkan rencana cadangan. Sebaik apapun Anda merencanakan sebuah perjalanan, pada akhirnya pasti ada hal-hal tak terduga yang tidak Anda antisipasi. Penerbangan Anda tiba-tiba tertunda karena cuaca, Anda tiba-tiba jatuh sakit menjelang keberangkatan, atau tempat yang akan Anda kunjungi mengalami bencana alam. Hal-hal seperti ini mungkin saja terjadi dan Anda harus siap dengan segala kemungkinan. Karenanya, selalu siapkan rencana cadangan agar liburan Anda tetap bisa berjalan.
  3. Jaga kondisi fisik. Karena liburan melibatkan perjalanan panjang yang melelahkan, maka Anda harus memastikan kondisi fisik Anda berada dalam titik optimal. Jangan tidur terlalu larut malam dan konsumsi vitamin bila perlu agar tubuh Anda siap untuk melakukan perjalanan. Dengan kondisi tubuh yang fit, maka perjalanan Anda pun akan semakin menyenangkan.
  4. Pelajari kultur atau bahasa penduduk lokal. Karena Anda akan bertamu ke tempat atau negara orang, maka ada baiknya Anda mempelajari kebiasaan penduduk lokal. Bagaimanapun, kita harus menghormati tradisi ataupun kebiasaan di tempat kita menjadi tamu. Tidak ada salahnya pula mempelajari sedikit bahasa lokal saat Anda berkunjung ke luar negeri. Itu akan mempermudah Anda saat menawar barang yang akan Anda beli atau saat memesan makanan.
  5. Cek dan ricek, ulangi. Sehari atau dua hari sebelum berangkat, cek semua keperluan Anda. Pastikan Anda membawa cukup uang. Jangan lupa membawa satu barang pun dan periksa semua tas dan koper yang akan Anda bawa sudah dijadikan satu. Lakukan langkah ini berulang-ulang jika perlu agar tidak ada apapun yang tertinggal saat Anda berangkat.
  6. Nikmati perjalanan Anda. Pada akhirnya, liburan adalah tentang bersenang-senang dan melupakan semua masalah dalam hidup untuk sejenak. Jadi, hal paling penting untuk diingat adalah selalu nikmati perjalanan Anda, bahkan saat sesuatu tidak berjalan sesuai rencana.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *